Sabtu, 16 Juni 2018

Sejarah Honda Tiger Di Indonesia

Sejarah Honda Tiger di Indonesia

Honda Tiger, atau dulu sering disebut juga Honda Tiger 2000 merupakan salah satu dari produk Honda yang menuai kesuksesan di tanah air. Kemunculannya di tahun 1993 yang masih memiliki ikatan "keluarga" dengan generasi Honda GL menjadi pembeda produk Honda dari produsen lain.

Diantara sekian banyak produsen yang masih berkonsentrasi dengan motor 2 tak, Honda dengan percaya diri mengeluarkan motor 4 tak dengan kapasitas engine terbesar saat itu, 200 cc.

Praktis, dengan image motor tangguh yang disandang generasi Honda GL, Honda Tiger yang memiliki nama lain GL200, tak membutuhkan waktu yang lama untuk menarik perhatian penggemar otomotif tanah air.

Engine Honda Tiger yang memiliki kapasitas terbesar di masanya ini sebenarnya berbasis pada engine Honda GL Pro Neotech yang sudah terbukti ketangguhan dan kebandelannya.

Karena masih memiliki engine yang identik sama dengan Honda CB dan Honda GL yang sudah keluar terlebih dahulu membuat Honda Tiger dapat memakai part dari kedua generasi pendahulunya tersebut. Jadi tidak mengherankan bila sebagian besar komponen engine Honda CB dan Honda GL ditemui pada engine Honda Tiger.

Disisi lain, dengan mengusung kapasitas engine yang besar mengakibatkan harga Honda Tiger menjadi yang termahal pada saat itu.

Namun dengan harga yang tinggi tersebut (pada masa itu) tidak menurunkan animo masyarakat untuk memboyong Honda Tiger. Bahkan hingga masa produksi terakhirnya, awal tahun 2014, Honda Tiger memiliki 20.000 klub penunggang Honda Tiger.

Alasan yang membuat motor ini sampai langgeng 20 tahun diproduksi dan memiliki 20.000 klub penggemar adalah keistimewaan dan ketangguhannya yang tidak ditemui pada motor lainnya.

Sejarah dari tahun ke tahun Honda Tiger
Sejarah Honda Tiger di Indonesia

Seperti yang dikemukakan sebelumnya, Honda Tiger yang memiliki keistimewaan dan ketangguhan yang sudah terbukti ini menempuh perjalanan evolusi dari tahun ke tahun di tanah air selama 2 dekade.

Generasi Pertama : Honda Tiger 2000

Honda Tiger pertama kali muncul dengan nama Honda Tiger 2000 pada tahun 1993 sampai dengan tahun 2006. Generasi Honda Tiger 2000 ini terbagi dalam dua periode. Super Cruiser dan New Super Cruiser.

Honda Tiger 2000 Super Cruiser

Honda Tiger 2000 Super Cruiser




Generasi Honda Tiger 2000 Super Cruiser merupakan seri dari Honda Tiger yang pertama. Muncul pada tahun 1993 dengan kode produksi GL-200 sampai dengan tahun 2002, Honda Tiger hadir dengan desain ciri khas Honda saat itu, Neo-klasik.

Desain Neo-klasik yang diusung Honda Tiger 2000 Super Cruiser ini memiliki perbedaan dengan desain Honda GL Max maupun GL Pro yang kaku dengan "kotak"-nya. Honda Tiger seri pertama ini memiliki lebih banyak lengkungan pada desainnya. Sehingga kesan elegan pada motor ini terlihat jelas.

Diurut dari depan, Honda Tiger seri pertama ini memiliki lampu depan (headlamp) berbentuk bulat dengan reflektor multilensa. Rumah lampu depan pada awalnya berwarna hitam, namun pada tahun 1997 warna rumah lampu depan ini mulai berubah menjadi perak dengan lapisan chrome.

Desain panel meter, mengikuti desain lampu depan yaitu bulat. Indikator Speedometer dan tachometer Honda Tiger 2000 ini berwarna hijau dengan dasar putih.

Honda Tiger seri pertama ini juga sudah memiliki shroud (tameng angin) pada bagian depan-bawah tangki bahan bakar. Pada bagian samping tangki bahan bakar terdapat logo Tiger 2000, pada tahun 1993 sampai dengan tahun 1996 logo ini berupa stiker. Kemudian mulai tahun 1997 logo Tiger 2000 tersebut berubah menjadi emblem logam.

Bagian belakang, Honda Tiger 2000 Super Cruiser memiliki behel (handle bar) yang terpisah antara bagian kiri dan kanan. Lampu belakang dan lampu rem masih menggunakan satu bohlam.

Honda Tiger seri pertama ini pada awal kemunculannya hingga tahun 1997 hanya terdapat versi velg jari-jari,  baru pada tahun 1998 terdapat pilihan velg racing (cast wheel) berpalang 6.

Variasi warna Honda Tiger 2000 Super Cruiser pada awalnya terdapat pilihan warna Hijau gelap, Merah Marun, Biru Keunguan dan Kuning (Warna kuning edisi terbatas). Namun pada tahun 1996 hingga tahun 2002 pilihan warna berubah menjadi perak, hitam dan merah perak.

Honda Tiger 2000 New Super Cruiser
Honda Tiger 2000 New Super Cruiser
Periode kedua dari generasi pertama Honda Tiger, Honda Tiger 2000 New Super Cruiser, tidak mengalami perubahan yang berarti. Honda Tiger 2000 New Super Cruiser yang diproduksi dari tahun 2002 sampai dengan tahun 2006 memiliki kode produksi GL-200S.

Terdapat variasi warna dual tone colour, silver-black, pada tahun 2004 yang  merupakan pilihan warna baru untuk Honda Tiger 2000 New Super Cruiser. Dan kemudian di tahun 2005 Honda mengeluarkan variasi warna biru untuk varian velg jari-jari.

Desain Honda Tiger 2000 New Super Cruiser memang tidak mengalami perubahan yang signifikan, namun ada beberapa perubahan yang dilakukan dalam upaya penyegaran produk oleh AHM.

Lampu depan yang semula menggunakan reflektor multilensa, diganti dengan reflektor diamond cut. Indikator speedometer dan tahometer berubah menjadi warna jingga dengan dasar kelabu. Rumah lampu depan dan lampu sein masih berlapis chrome perak.

Honda Tiger 2000 New Super Cruiser

Handle bar atau behel Honda Tiger 2000 New Super Cruiser yang semula terpisah menjadi satu. Sedangkan lampu belakang dan lampu rem kini menggunakan 2 bohlam sejajar secara horizontal.

Generasi Kedua : Honda Tiger Revolution Cruiser
Honda Tiger Revolution Cruiser

Generasi kedua dari Honda Tiger, Honda Tiger Revolution Cruiser, hadir di pasaran pada tahun 2006 sampai dengan tahun 2008. Pada generasi kedua ini, AHM merombak total penampilan dari Honda Tiger. Tak hanya desain yang dirombak AHM, engine-pun mengalami perubahan.

Desain body Honda Tiger Revolution Cruiser atau lebih akrab disebut Tiger Revo berubah menjadi lebih runcing. Desain lampu depan (headlamp) Honda Tiger Revolution Cruiser ini menggunakan reflektor diamond-cut (sama seperti Honda Tiger New Super Cruiser) dengan penambahan mini visor diatas lampu depan.

Tangki Honda Tiger Revolution Cruiser mengalami perubahan desain, mengikuti perubahan desain keseluruhan. Shroud atau tameng angin menjadi lebih besar dari sebelumnya. Pada tangki juga terdapat logo baru berjenis stiker bertuliskan "TIGER" dibagian samping.

Desain lampu belakang berubah mengikuti desain body belakang yang meruncing, dengan penggunaan 2 lampu bohlam sejajar vertikal. Handle bar (behel) desainnya "kembali" terpisah antara bagian kiri dan kanan. Sehingga tampak seperti tanduk.

Selain perubahan desain, Honda Tiger Revolution Cruiser mengalami perubahan shockbreaker belakang untuk versi CW, yaitu penambahan reservoir oli. Sedangkan untuk versi jari-jari tidak ada.

Engine Honda Tiger Revolution Cruiser mengalami penambahan Secondary Air Supply System (SASS) yang berfungsi mengurangi tingkat emisi gas buang kendaraan ini. Blok Crankcase kiri dan kanan kini dilabur cat hitam doff. 

Knalpot Honda Tiger Revolution Cruiser mengalami perubahan desain dan kini ditambah dengan tameng yang berfungsi sebagai pelindung panas.

Honda Tiger Revolution Cruiser memiliki dua varian, varian velg jari jari (GL-200D) dan velg racing (GL-200R). Untuk pilihan warna, Honda Tiger seri ketiga ini memiliki 4 pilihan warna. Hitam, Merah Marun, Biru dan Perak.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Us @joseandreanhalomoan